Selamat Datang di Website Resmi Desa  Bayung Cerik, Kecamatan  Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bayungcerik untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bayung Cerik meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Upacara Melaspas lan Ngenteg Linggih di Padmasana Kantor Desa Bayung Cerik

13 Mei 2019 08:38:33  admin-bayungcerik  1.402 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertepatan pada hari Saraswati, Sabtu (11/05/2019), Pemdes Bayung Cerik melaksanakan karya ngenteg linggih dan pemelaspasan Padmasana.Melalui kegiatan ngenteg linggih ini diharapkan agar Pemdes khususnya umat Hindu dapat meningkatkan sradha dan baktinya kehadapan Tuhan yang Maha Esa serta ke depan dapat menciptakan masyarakat yang santi, bahagia, sesuai tujuan Hindu yakni Moksartham Jagadhita ya ca Iti Dharma.

 

Rangkaian upacara ngenteg linggih ini diawali dengan pelaksanaan upacara bhuta yadnya dengan melaksanakan pecaruan tingkatan manca lima yang dipuput oleh Jro Kubayan Tengen di dampingi Peduluan dan Jro Mangku yang ada di desa . Selanjutnya dilaksanakan dengan mendem pedagingan, mendak Ida Bhatara, ngelinggihang serta ngaturang soda rayunan yang diikuti umat Hindu Bayung Cerik .Upacara ngenteg linggih merupakan  penobatan atau me-istanakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasinya pada pelinggih atau bangunan suci yang dibangun atau yang sudah di-pelaspas sehingga beliau berkenan kembali setiap saat terutama mana kala dilangsungkan segala kegiatan upacara di pura tersebut. Upacara ngenteg linggih juga mempunyai makna untuk menyucikan dan mensakralkan Ida Sang Hyang Widhi dan manifestasinya sehingga bangunan suci yang sudah di-pelaspas memenuhi syarat sebagai simbol objek konsentrasi pemujaan umat Hindu.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:205
    Kemarin:556
    Total Pengunjung:523.456
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.158.47
    Browser:Mozilla 5.0

hubungi kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami