• Desa Bayung Cerik, Kintamani
  • 081237254951
  • desabayungcerik@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa  Bayung Cerik, Kecamatan  Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bayungcerik untuk seluruh masyarakat.
  • Silahkan datang ke Kantor Desa Bayung Cerik meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Profil Desa

29 Juli 2013 admin-bayungcerik Dibaca 392 Kali

Kecamatan Kintamani merupakan salah satu kawasan sejuk yang terletak di wilayah Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kecamatan Kintamani terdiri dari 48 desa/kelurahan. Desa Bayung Cerik adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan tersebut. 

Desa Bayung terletak 9 km ke arah barat daya dari Desa Kintamani. Luas wilayah Desa ini sekitar 401 km2 Suhu rata-rata harian wilayah ini sekitar 200 C. Secara geografis, Desa Bayung Cerik berbatasan dengan desa di sekitarnya, yakni:

Di sebelah utara      : Banjar Bukih

Di sebelah timur     : Desa Mangguh

Di sebelah selatan   : Desa Marga Tengah, Payangan

Di sebelah barat      : Desa Lembean

Jumlah penduduk desa Bayung Cerik sebanyak 322 kepala keluarga. Dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari, masyarakat desa Bayung Cerik telah mempunyai swadaya air dimana sumber mata air berasal dari Desa Banua dan Bukih yang dialirkan ke rumah-rumah penduduk menggunakan pipa, termasuk digunakan untuk kepentingan pengairan pertanian dan perkebunan.

Berdasarkan letak geografi di daerah pegunungan dan kondisi iklimnya, Desa Bayung Cerik memiliki keadaan tanah yang cukup subur. Hal ini mendukung mata pencaharian penduduk Desa Bayung Cerik yang sebagian besar adalah di bidang pertanian dan perkebunan seperti jeruk, kopi  dan cabai yang saat ini lebih banyak difokuskan  pada buah jeruk. Disamping sektor pertanian, sektor peternakan juga merupakan mata pencaharian sampingan dari sebagaian besar masyarakat Desa Bayung Cerik seperti ternak sapi, babi dan ayam.

Pada lahan di Desa Bayung Cerik juga berdiri berbagai fasilitas yang menunjang kehidupan bermasyarakat warga desa Bayung Cerik, beberapa diantaranya adalah fasilitas perkantoran pemerintahan terdapat kantor kepala desa satu buah yang berlokasi ditengah tengah pemukiman warga. Fasilitas peribadatan dan sosial budaya yang ada di Desa Bayung Cerik antara lain terdapat beberapa fasilitas pura dan setra. Permukiman di Desa Bayung Cerik terbagi menjadi dua kawasan, yaitu di Banjar Bayung Cerik dan satu lagi di tempekan Sekunjeng.

Desa Bayung Cerik secara administratif terdiri atas 1 dusun dinas dan 1 banjar adat. Selain itu terdapat fasilitas pendidikan satu PAUD dan satu sekolah dasar negeri (SDN). Infrastruktur lain yang terdapat diwilayah desa ini berupa pemandian umum, jalan desa, jalan lingkungan, jalan usaha tani, jembatan dan jaringan irigasi. Dalam sekolah tersebut hanya memiliki tujuh orang guru tetap. 

Bidang kebudayaan di Desa Bayung Cerik berkembang cukup baik terlihat dari masih adanya grup kekawin yang masih sering berlatih dan tampil dalam setiap kegiatan keagamaan. Selain itu di Desa ini memiliki satu kebudayaan unik yakni adanya nyepi adat Desa 3 kali dalam setahun. Nuansa kebudayaan lain terlihat adanya gotong royong bersama di pura-pura setiap hari raya besar seperti Anggara Kasih.

Desa Bayung Cerik memiliki fasilitas kesehatan berupa satu buah Puskesmas Pembantu (Pustu). Pustu ini merupakan satu-satunya tempat bagi warga untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di desa Bayung Cerik. Pustu ini dipegang oleh seorang bidan. Pustu ini berada dibawah territorial Puskesmas I Kintamani.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar